E-business tidak sama dengan dengan
e-commerce. e-business jauh lebih luas lingkupnya, lebih dari sekedar transaksi
karena mengarah pada pengguna, dengan kombinasi teknologi serta bentuk lainnya
dari komunikasi elektronik, untuk memungkinkan dilakukannya jenis aktivitas
bisnis apa pun. e-business meliputi e-commerce yang melibatkan pembelian dan
penjualan , serta pemasaran dan pelayanan produk, jasa, dan informasi
banyak perusahaan kini menggunakan
ti untuk mengembangkan sistem lintas fungsi perusahaan terintegrasi, yang
melintasi berbagai batas fungsi tradisional bisnis agar dapat merekayasa ulang
dan meningkatkan proses bisnis yang penting di semua lintas fungsi
perusahaan.
hal ini biasanya melibatkan
pemasangan software enterprise resource planning (erp), manajemen rantai
pasokan (scm) , atau manajemen hubungan pelanggan (crm)
erp adalah tulang pungung teknologi
dari e-business, sebuah kerangka kerja transaksi keseluruhan perusahaan dengan
berbagai hubungan ke pemrosesan pesanan penjualan, manajemen dan pengendalian
persediaan, perencanaan produksi dan distribusi, serta keuangan.
crm mengelola hubungan pelanggan
melibatkan dua tujuan yang saling berkaitan: pertama, memberi organisasi dan
semua karyawannya yang berhadapan dengan pelanggan, satu pandangan lengkap
tentang setiap pelanggan di setiap hal dan di lintas semua saluran; dan, kedua,
memberi pelanggan satu pandangan lengkap tentang perusahaan dan
saluran-salurannya yang luas.
scm, banyak perusahaan kini
menjadikan manajemen rantai pasokan (supply chain management-scm)
sebagai tujuan strategis utama dan usaha awal untuk pengembangan aplikasi
e-business besar.
scm membantu perusahaan mendapatkan
produk yg tepat pada tempat yang tepat dalam waktu yg tepat, dengan jumlah yg
tepat serta biaya yang wajar.
sistem informasi produksi mendukung
fungsi produksi / operasi yang meliputi semua aktivitas yang berkaitan dengan
perencanaan dan pengendalian proses menghasilkan barang atau jasa.
0 komentar:
Posting Komentar